Kamis, 20 September 2012

Versi-versinya Bluetooth ada apa aja ya...

Bluetooth, hampir sebagian besar orang sudah familiar dengan istilah ini dan sudah pernah menggunakan. flashback, kenapa aku nulis artikel ini..karena ada yang tanya ke aku, apa sih beda bluetooth v2.1 dan bluetooth v3.0, nah loh???
Secara awam, pastinya beda versi pasti beda sistem kerjanya (apa ya istilahnya.. :D ), makin versi ke atas ya makin bagus, benar nggak??
Oke. biar nggak penasaran nih, bagi yang belum tahu versi-versi bluetooth dan perbedaan. kita bahas yuuk..


Bluetooth v1.0 dan v1.0B
Untuk versi ini Bluetooth masih memiliki cukup banyak bug dan masalah. Tetapi sebagai langkah awal teknologi ini cukup bermanfaat karena koneksi wireless antar device sudah bisa berjalan dengan pengalamatan device address.
Bluetooth v1.1
Versi ini sudah diratifikasi IEEE sebagai standar 802.15.1-2002, dimana bugs pada versi sebelumnya telah disempurnakan.
Bluetooth v1.2
Pencarian perangkat dan pengiriman paket data makin cepat, hingga 721 Kbit/s. Digunakan ESCo (Extended Synchronous Connection) yang meningkatkan kualitas pengiriman audio karena sistem retransmission saat ada paket yang rusak.
Bluetooth v2.0 + EDR
Pada versi ini perbedaan yang cukup signifikan yaitu digunakannya teknologi Enhanced Data Rate (EDR) untuk peningkatan pengiriman paket data. Pada prakteknya kecepatan mencapai 2.1 Mbit/s, meskipun secara teori bahkan mencapai 3 Mbit/s. Teknologi EDR ini juga bisa menghemat pemakaian listrik. Sebenarnya EDR ini adalah teknologi tambahan, dimana terdapat perangkat yang support Bluetooth 2.0 tetapi belum menggunakan teknologi EDR.
Bluetooth v2.1 + EDR
Pada versi ini keamanan telah semakin ditingkatkan, dimana digunakan sistem pairing. Agar tidak sembarang perangkat bisa terkoneksi maka perangkat yang kita percayai sudah terdata terlebih dahulu. Hanya perangkat-perangkat terpercaya dalam data ini lah yang bisa bebas menerima atau mengirim data ke perangkat kita. Bukan berarti perangkat lain tidak bisa, hanya saja harus melalui beberapa step autentifikasi demi keamanan.
Bluetooth v3.0 + HS
Versi 3.0 telah support kecepatan pengirian data hingga 24Mbit/s. Fitur andalannya adalah Alternate MAC/PHY, dimana untuk pengiriman data lebih cepat maka bisa digunakan alternatif melalui jalur wi-Fi (802.11). Tidak semua perangkat yang support teknologi HS (High Speed) ini.
Bluetooth v4.0
Versi 4.0 baru release tahun 2010 ini. Penekanannya lebih pada teknologi hemat energi dan peningkatan kecepatan pengiriman data.
Berdasarkan jauh jangkauan sinyalnya, Bluetooth dikelompokkan ke dalam 3 kelas, yakni:
- Class A, Maximum permitted power 100mW, 20 dBm, dengan range ~100m.
- Class B, Maximum permitted power 2.5mW, 4 dBm, dengan range ~10m.
- Class C, Maximum permitted power 1mW, 0dBm, dengan range ~1m.

thanks sumber disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar